Rabu, 30 Maret 2011

800 Ha Lahan Kakao di Aceh Akan Direhabilitasi

Sat, Feb 19th 2011, 10:03

BANDA ACEH - Tahun ini Aceh menjadi sasaran Program Gerakan Nasional (Gernas) Kakao dari Pemerintah Pusat. Ada empat kabupaten yang terpilih jadi tempat pelaksanaan dengan total luas lahan kakao yang akan direhabilitasi dan diremajakan mencapai 800 hektare. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh, Fakhruddin Polem, menyebutkan, empat kabupaten tersebut di antaranya adalah Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, dan Aceh Timur. “ Dananya bersumber dari APBN 2011, sekitar Rp 20 miliar,” sebut Fakhruddin, Jumat (18/2).

Masing-masing kabupaten dikatakan akan memperoleh jatah rehab dan peremajaan tanaman kakao seluas 200 hektare. Fakhruddin memperkirakan akan ada ribuan petani yang menerima manfaat dari program Gernas tersebut. “Program ini merupakan yang pertama di Aceh, setelah sebelumnya diberikan kepada petani wilayah timur Indonesia. Kami berharap agar petani bisa memanfaatkan semaksimal mungkin bantuan benih dari pusat ini,” imbuhnya.

Fakhruddin menjelaskan, sasaran penerima manfaat dari bantuan bibit unggul kakao ini adalah para petani yang sudahmembudidayakan tanaman kakao. Artinya, program tersebut ditujukan untuk mengganti tanaman yang sudah tidak produktif lagi sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas komoditas tersebut. “Yang paling penting adalah peningkatan kualitas dan produksi kakao petani, dengan harapan bahwa target Aceh sebagai daerah sentra bisa tercapai,” ucapnya. Fakhruddin menambahkan, Aceh saat ini memiliki sekitar 75.000 hektare tanaman kakao yang semuanya milik masyarakat petani.(ant)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar