Senin, 21 Maret 2011

BMKG: Waspadai Hujan Ekstrem

Sun, Feb 6th 2011, 09:47

BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, memprakirakan selama tiga hari ke depan, sebagian wilayah Aceh akan terjadi hujan ekstrem dengan curah hujan 30-50 mm/hari, yang disertai angin kencang dan petir berdurasi singkat.

Kepala Bidang Observasi dan Informasi BMKG, Alvianto, melalui Prakirawan Jaya Martuah Sinaga, Sabtu (5/2) kemarin, menyebutkan daerah yang akan mengalami hujan ekstrem yaitu, Banda Aceh, Aceh Besar, Sabang, pesisir Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Aceh Singkil, Aceh Utara, dan Aceh Timur.

“Hujan ektrem akan terjadi tiga hari ke depan (6-8 Februari) dengan intensitas sedang hingga berat, yang disertai angin kencang dan petir. Angin bertiup dari timur menuju barat dengan kecepatan 10-45 km/jam,” katanya kepada Serambi, kemarin.

Dikatakan Jaya, pagi hingga siang hari, atmosfir Aceh akan mengalami terik dengan suhu rata-rata 22-32 derajat Celcius, dan kemudian pada sore dan malam hari, diprediksi akan turun hujan dengan intensitas sedang hingga berat yang disertai angin kencang dan petir.

Namun, kata Jaya lagi, situasi itu akan menjadi normal pada tiga hari berikutnya, 9-13 Februari. Jelas Jaya, hal ini dikarenakan pusat tekanan rendah tidak terjadi sekitar wilayah Aceh dan massa udara tidak berkumpul lagi, sebagaimana tiga hari sebelumnya.

“Sebelumnya, ada terjadi gangguan di wilayah Aceh. Terjadi pusat tekanan rendah di Laut Cina Selatan dan di utara Pulau Kalimantan, serta ada daerah pusat tekanan rendah di wilayah barat Aceh, tapi kemudian pada 9-13 Februari, fenomena itu menghilang,” jelas Jaya.

Ditambahkannya, meski cuaca di Aceh kembali normal pada 9-13 Februari, hujan tetap berpeluang turun dengan intensitas ringan. Namun kecepatan angin tetap sama, yaitu 10-45 km/jam yang disertai petir dengan durasi singkat. “Di Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Sabang, dan Aceh Besar, berpeluang turunnya hujan pada 9-13 Februari ini,” kata Jaya.

Sedangkan untuk gelombang tinggi, BMKG memprediksi, sepekan ke depan, ketinggian gelombang laut di perairan Aceh dan barat-selatan Aceh maksimum mencapai ketinggian 3,0 meter.

“Dua wilayah perairan Aceh ini, ketinggian gelombang lautnya rata-rata mencapai 1,25-2,5 meter. Sedangkan di perairan utara-timur Aceh, tinggi gelombangnya mencapai 0,75-1,5 meter,” pungkas Jaya.(c47)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar