Minggu, 13 Maret 2011

BMKG : Cuaca Ekstrem Hingga Sepekan ke Depan

Sat, Jan 29th 2011, 11:26

BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, Jumat (28/1) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem. Potensi hujan deras disertai angin kencang dan petir diperkirakan akan terjadi di sejumlah wilayah Aceh hingga sepekan ke depan, 29 Januari-4 Februari 2011. Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Blang Bintang, Alvianto melalui prakirawan Jaya Martuah Sinaga, memprediksi, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian besar wilayah Aceh.

Wilayah yang terancam cuaca buruk sepekan ke depan yaitu Banda Aceh, Meulaboh, pesisir pantai barat Aceh, Lhokseumawe, perairan utara Aceh, Aceh Besar, Aceh Selatan, dan kepulauan Sabang. Menurut Jaya, kondisi itu dipicu adanya siklon tropis bianca di perairan sebelah barat Broome, Australia Barat sebelah selatan Denpasar, serta adanya pusat daerah tekanan rendah di Samudra Hindia Barat Daya Aceh yang membentuk pumpunan angin memanjang di wilayah Aceh sehingga terbentuknya belokan angin dan pertemuan massa udara yang berbeda.

“Angin di atas wilayah Aceh bertiup dari utara ke timur laut dengan kecepatan berkisar antara 08-45 km/jam. Intensitas hujan yang turun rata-rata 20-30 mm/hari, maksimum bisa mencapai 50 mm/hari,” kata Jaya. Ketinggian gelombang laut di perairan Aceh dan utara-timur Aceh dalam sepekan ke depan berkisar 2,0-3,0 meter maksimum 3,5 meter. Sedangkan untuk wilayah barat-selatan Aceh, berkisar 2,0-2,5 meter maksimum 3,0 meter. “Untuk nelayan dan jasa pelayaran penyeberangan laut, perlu waspadai kondisi tersebut, apalagi ketika melihat awan besar hitam, karena bisa saja ketinggian gelombang laut di atas 3,5 meter dan kecepatan angin bisa di atas 45 km/jam,” demikian Jaya Martuah Sinaga.(c47)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar