Senin, 13 Juni 2011

Pemerintah Harus Serius Jaga Kelestarian Hutan

Sun, Apr 17th 2011, 07:56

BANDA ACEH - Pemerintah kabupaten yang wilayahnya masih memiliki areal hutan luas diminta serius menjaganya agar ekosistem lingkungan di daerahnya masing-masing agar tidak terganggu.

“Pemerintah Aceh telah menyatakan komitmennya melindungi kawasan hutan dari ancaman kepunahan melalui moratorium loging dan itu akan berjalan maksimal jika dibarengi keseriusan masing-masing pemerintah kabupaten,” kata Ketua Komisi B DPRA Umuruddin Desky, Sabtu (16/4).

Hal itu disampaikan menanggapi masih adanya praktik pembalakan hutan di beberapa daerah di Aceh, seperti kawasan pegunungan Seulawah antara perbatasan Kabupaten Aceh Besar dan Pidie. “Saya prihatin melihat kondisi hutan kawasan Seulawah yang terus ditebang dan peralihan dari hutan kayu menjadi perkebunan masyarakat,” katanya.

Sementara beberapa waktu lalu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menemukan sejumlah orang yang sedang memotong pohon pinus di kawasan hutan Seulawah. “Itu mengindikasikan bahwa pengundulan hutan Seulawah bukan dilakukan secara sembunyi-sembunyi,” katanya.

Politisi Partai Golkar itu menambahkan, upaya menjaga kelestarian hutan tidak hanya tugas gubernur, tapi juga diperlukan komitmen masing-masing pemerintah kabupaten. “Khususnya yang di wilayahnya masih banyak hutan,” kata Umuruddin menambahkan.

Selain itu, ia juga meminta instansi terkait di Pemerintah Aceh untuk bekerja serius dalam menjaga kawasan hutan di provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut.

“Dinas Perkebunan dan Kehutanan Aceh harus jeli dan melakukan upaya efektif untuk mencegah agar kawasan hutan tidak terus dirambah dengan alasan apapun,” kata dia.

Upaya pencegahan pemanasan global itu bukan ‘di atas kertas’ atau hanya sebatas konsep. “Tapi harus ada komitmen serius dan tindakan hukum yang tegas,” kata Umuruddin Desky.(ant)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar