Minggu, 05 Juni 2011

Aceh Masih Potensi Hujan Hingga Empat Hari ke Depan

* Tinggi Gelombang Capai 2,5 Meter
Sat, Apr 2nd 2011, 11:17

BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar memprediksi empat hari ke depan (1-4 April), sejumlah daerah di Aceh masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang serta petir berdurasi singkat. Sedangkan tinggi gelombang di perairan barat-selatan Aceh diperkirakan mencapai 2,5 meter.

Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Blang Bintang, Alvianto melalui prakirawan, Rahmad Tauladani, kepada Serambi, Jumat (1/4) menjelaskan, meski cuaca terik, diperkirakan sejumlah wilayah Aceh untuk empat hari ke depan berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai angin kencang dan petir, terutama menjelang sore dan malam. Kondisi seperti itu diprediksi terjadi di Aceh bagian barat, selatan, dan timur.

Rahmad menambahkan, adanya pusaran angin di Samudera Hindia sebelah barat Aceh dan hangatnya suhu muka laut antara 28-29 derajat Celcius, sedikit banyak mempengaruhi peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan (awan konvektif) terutama di sejumlah wilayah Aceh. “Bukan itu saja, adanya aktivitas awan konvektif terkait dengan temperatur yang cukup tinggi pada siang hari (32-33 derajat Celcius), yang merupakan aktivitas atmosfer berskala lokal di mana hal itu akan memberikan peluang bagi pertumbuhan awan hujan yang berpotensi menimbulkan hujan ringan hingga sedang pada sore atau malam hari,” jelasnya lagi.

Sementara itu, kata Rahmad, pola angin umumnya bertiup dari barat menuju utara dengan kecepatan 8-25 km/jam. Namun di bagian barat-selatan Aceh, angin yang bertiup maksimum kecepatannya diperkirakan mencapai 30 km/jam. Sedangkan prakiraan tinggi gelombang laut empat hari ke depan, di perairan Aceh dan barat-selatan mencapai ketinggian yang sama yaitu 1,25-2,0 meter, maksimum 2,5 meter. Untuk di perairan utara Aceh tinggi gelombang berkisar 0,5-1,25 meter.

“Masyarakat perlu waspada, saat ini Aceh masih mengalami musim pancaroba belum lagi memasuki musim kemarau. Di mana dalam masa peralihan ini kondisi cuaca di Aceh tidak konsisten, bisa berubah-rubah. Sepekan lalu, kita mengalami hujan ekstrem, empat hari ke depan terjadi terik kembali namun hujan masih tetap berpeluang turun, ringan hingga sedang,” kata prakirawan ini mengingatkan.(c47)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar