Selasa, 07 Desember 2010

Cuaca Buruk, Masyarakat Diminta Lebih Waspada

Fri, Dec 3rd 2010, 10:45

BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, meminta masyarakat, terutama di pesisir barat-selatan Aceh agar lebih waspada terhadap cuaca buruk yang akan melanda kawasan itu tiga hari ke depan, 4-6 Desember 2010.

Dari pantauan BMKG melalui citra satelit, daerah barat-selatan Aceh tidak saja dilanda hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dan disertai petir, tetapi juga diterpa angin kencang 10-45 km/jam. BMKG Blang Bintang memprediksi, akibat angin kencang tersebut, tinggi gelombang di perairan barat-selatan Aceh mencapai 1,5-3 meter.

Kepala Stasiun BMKG Blang Bintang, Samsuir DHS melalui prakirawan Jaya Martuah Sinaga, Kamis (2/12), menyebutkan, tiga hari belakangan ini cuaca di atmosfer Aceh tidak bersahabat. Hampir merata daerah di Aceh didera cuaca ekstrem, terlebih di wilayah pesisir barat-selatan Aceh, timur-utara Aceh, Banda Aceh, dan Sabang, pada tiga hari ke depan.

Cuaca buruk ini memengaruhi kondisi angin yang awalnya datar kemudian berbelok ke daerah tekanan rendah. Atau terjadi belokan angin di Samudera Hindia sebelah barat daya Sumatera yang berdekatan dengan perairan barat-selatan Aceh. “Ini berpeluang terjadinya pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut,” jelas Jaya kepada Serambi.

Dari parameter cuaca itu, Jaya memprediksi, pada 4-6 Desember kondisi di kawasan-kawasan itu, selain berpotensi angin kencang dengan kecepatan bisa di atas 45 km/jam, tapi tidak sampai 60 km/jam, disertai hujan yang turun menjeng sore atau malam hari. Intensitas hujan tersebut ringan hingga sedang, tapi disertai petir/guntur dengan durasi yang lama.

“Kondisi ini memicu terjadinya gelombang tinggi di perairan Aceh, timur-utara Aceh dan barat-selatan Aceh, rata-rata setinggi 1,5-3 meter. Jadi, kalau dikatakan terjadi badai di wilayah pesisir barat-selatan Aceh itu tidak tepat, sebab wilayah Aceh berada di 5 derajat Lintang Utara dan 95 Bujur Timur. Artinya, di wilayah Aceh tidak berpotensi terjadi badai, tapi angin kencang,” tegas Jaya menanggapi informasi dari Serambi bahwa badai dilaporkan melanda Aceh Selatan dan Abdya.

Melihat cuaca buruk tiga hari ke depan, prakirawan berdarah Batak ini mengimbau agar nelayan dan pengguna jasa maupun perusahaan pelayaran di Aceh, senantiasa waspada dengan kondisi tersebut. (c47)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar