Senin, 13 Desember 2010

BMKG Minta Warga Waspadai Banjir

Curah Hujan Masih Tinggi
Sun, Dec 12th 2010, 10:46

BANDA ACEH - Badan Meteorologi Klimotologi dan Geofisika (BMKG) Blang Bintang, Aceh Besar, meminta masyarakat di wilayah timur-barat, sepekan depan (12-18 Desember), waspadai banjir. Mengingat curah hujan di wilayah tersebut diprediksi masih tinggi dan berpotensi banjir.

Kepala Stasiun BMKG Blang Bintang, Samsuir DHS, melalui prakirawan Jaya Martuah lewat telpon, Sabtu (11/12) mengatakan, dari amatannya melalui Citra Satelit, masih adanya pusat tekanan rendah di Laut Cina Selatan, Samudra Hindia sebelah barat daya Sumatera dan Laut Andaman di sebelah utara wilayah Aceh, sehingga hal itu dapat mempengaruhi terbentuknya daerah belokan dan pertemuan angin.

“Pumpunan massa udara yang terjadi dan masih memanasnya suhu muka laut di perairan Indonesia termasuk Aceh dengan kisaran 29-30,5 derajat Celcius, juga sangat mendukung untuk pertumbuhan awan-awan hujan di atmosfir Aceh,” kata Jaya, Bagian Analisa dan Pengolahan Data, Stasiun Meteorologi, Blang Bintang.

Sebut parikirawan berdarah batak itu lagi, kelembaban udara dari lapisan permukaan terjadi hingga 700 mb, diperkirakan cukup basah, sehingga menurutnya, dapat mendukung untuk pembentukan awan-awan hujan. Melihat fenomena itu, jelas Jaya, potensi hujan dari ringan hingga sendang disertai petir dan angin kencang, terjadi hampir merata di seluruh wilayah Aceh.

Kemudian dia juga memprediksi, sepekan kedepan, curah hujan di timur dan barat Aceh dengan demikian masih cukup tinggi dan berpotensi banjir. “Jika hal ini tidak didukung dengan daerah resapan air dan daerah aliran sungai (DAS) yang baik, maka menurutnya, potensi banjir akan terjadi, maka itu kita menghimbau agar masyarakat waspada,” kata Jaya kepada Serambi.

Menurut Jaya, wilayah yang dilanda cuaca buruk sepekan depan, hujan yang turun dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai petir dan angin kencang akan melanda, Banda Aceh, Lhokseumawe, Aceh Besar, Kepulauan Sabang, Meulaboh, dan patai barat Aceh, perairan utara, dan Aceh Selatan.

“Di wilayah itu, angin bertiup dari barat menuju ke pesisir barat Aceh, kecepatannya berkisar antara 08-45 km/jam,” sebut prakirawan BMKG, Blang Bintang, Aceh Besar ini lagi.

Kencangnya angin sepekan kedepan, sebut Jaya, akan memicu terjadi gelombang tinggi di laut Aceh. Bahkan pada pertengahan Desember ini tinggi gelombang di perairan Aceh khususnya di wilayah perairan Sabang berkisar 2.0-3.0 meter. Sedangkan perairan utara-timur Aceh, katanya, berkisar 1.5-2.5 meter dan perairan barat-selatan Aceh mencapai 2.0-3.0 meter.

Melihat kondisi itu, BMKG Blang Bintang menghimbau masyarakat di persisir, nelayan, pengguna jasa angkutan laut, dan perusahaan angkutan laut, agar tetap waspada dengan kondisi tersebut.(c47)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar