Senin, 18 April 2011

Janji Gubernur, Jalan Bireuen-Takengon Siap Tahun Ini

* Di Samar Kilang Gubernur Serahkan Bantuan
Mon, Mar 7th 2011, 08:58

TAKENGON - Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf berjanji akan menyelesaikan proyek pembangunan jalan Bireuen-Takengon dalam tahun 2011. Dengan siapnya jalan yang menjadi urat nadi perekonomian wilayah tengah Aceh ini diharapkan menjadi era baru dengan berakhirnya keterisoliran daerah yang sudah berlangsung puluhan tahun, sehingga dengan cepat dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dataran tinggi Gayo.

“Saya berjanji dalam tahun 2011 ini jalan Bireuen-Takengon akan selesai dikerjakan. Dan saya akan minta kepala Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Aceh untuk memprioritaskan penyelesaian jalan ini,” kata Gubernur di hadapan Bupati Aceh Tengah Nasaruddin, serta ratusan tokoh masyarakat, alim ulama, dan unsur Muspida setempat, di Balai Ummi Takengon, Sabtu (5/3) malam.

Janji tersebut diutarakan Irwandi menanggapi permintaan Bupati Aceh Tengah Nasaruddin dalam acara silaturahmi yang berlangsung hampir 1,5 jam. Dikatakan Irwandi, Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah merupakan daerah masa depan bagi Aceh yang memiliki sejumlah potensi pertanian, perkebunan, serta objek pariwisata alam. Karena itu sudah selayaknya jalan ke daerah ini harus dibenahi, sehingga para investor akan tertarik datang untuk menanam modalnya di sini. “Begitu juga para turis akan dengan mudah bisa datang menikmati panorama alam indah yang dimiliki daerah ini,” tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Nasaruddin melaporkan, selain jalan Bireuen-Takengon, sejumlah ruas jalan kabupaten dan provinsi di Aceh Tengah juga dalam kondisi sangat memprihatinkan. Seperti jalan Takengon-Pamar Kecamatan Rusip Antara, jalan Takengon-Ise Ise, jalan Waq-Jamat, Pasar Angkop (Aceh Tengah)-Pante Raya (Bener Meriah), dan jalan Isak Kecamatan Linge-Jagong.

Karena dana yang miliki Aceh Tengah tidak mencukupi untuk menangani pembangunan jalan tersebut, Bupati Nasaruddin mengharapkan Pemerintah Aceh memperbaikinya.

Menanggapi permintaan pembangunan sejumlah ruas jalan tersebut, Gubernur Irwandi Yusuf, mengatakan pihaknya tidak bisa memastikan. Tetapi tetap akan berupaya dengan mencari dana dari berbagai sumber. “Saya akan upayakan dari dana hibah, itu pun kalau dana tersebut masih ada sisa. Kalau tidak akan dicari dengan sumber dana lainnya tahun depan,” ujar Irwandi Yusuf.

Selain membantu pembangunan sejumlah ruas jalan di daerah itu, Irwandi Yusuf juga akan membantu biaya pembangunan ruangan peralatan CT-Scan RSUD Datu Beru Takengon dengan dana hibah dan akan mempercepat proses pemekaran 27 kampung persiapan menjadi kampung defenitif pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah.

Di Bener Meriah
Sementara itu usai melakukan kunjungan ke daerah Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, Bener Meriah, Gubernur Irwandi Yusuf mengatakan, sebagian ruas jalan menuju daerah terpencil di Kabupaten Bener Meriah itu sekitar 5,8 kilometer telah diaspal. Namun, untuk menyelesaikan pembangunan jalan itu masih dibutuhkan biaya sekitar Rp 60 miliar lagi.

“Hasil dari pantauan saya tadi ke Samar Kilang, perkembanganya sudah cukup bagus tetapi masih butuh dana lagi untuk menyelesaikan ruas jalan menuju daerah terpencil itu. Diperkirakan dua tahun lagi pembangunan jalan menuju Samar Kilang akan selesai dikerjakan,” kata Gubernur Aceh yang didampingi oleh Bupati Bener Meriah Ir H Tagore Abubakar, ketika bertemu dengan sejumlah wartawan.

Pada kunjungannya ke Samar Kilang, Gubernur memberikan bantuan beras sebanyak 1,5 ton dan sejumah kain sarung kepada masyarakat setempat. Selain didampingi istrinya Darwati A Gani, kunjungan ke samar Kilang juga dihadiri Bupati Bener Meriah, Ir H Tagore Abubakar. (min/sup/c35)

Sumber : Serambinews.com

1 komentar:

  1. wo pelitik.. Memang rumit gah..
    mampir http://raden12.blogspot.com mungkin ada yang dcari

    BalasHapus