Jumat, 08 April 2011

Gaharu Cocok Dibudidayakan di Aceh

Tue, Mar 1st 2011, 08:58

BANDA ACEH - Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa Aceh sangat cocok menjadi tempat pembudidayaan tanaman gaharu. Pohon penghasil damar ini bisa ditanam di mana saja, mulai dari pekarangan rumah, tanah kosong sekitar pemukiman penduduk, perkebunan, dan di kawasan hutan bebas.

“Hasil penelitian yang dilakukan selama ini, gaharu ternyata sangat cocok dan tumbuh subur di daerah ini,” kata Peneliti Komunitas Gaharu Aceh Lestari, Dahlan S Hut MSi, kepada Serambi, Minggu (27/2).

Penelitian dimulai dengan melakukan penanaman bibit gaharu di kawasan Pante Pisang Desa Teupin Rusep Kecamatan Sawang Aceh Utara, di atas lahan seluas delapan hektare. “Selama empat tahun terakhir hasilnya sangat memuaskan, gaharu tumbuh sumbur,” tambahnya.

Pembudidayaan tanaman saat ini sudah dilakukan di Desa Bungkeh Kecamatan Geumpang Kabupaten Pidie serta Aceh Selatan seluas 12 hektare. Hal ini ternyata mulai menarik minat petani pedalaman untuk ikut mengembangkan tanaman berekonomis tinggi tersebut.

“Mahalnya harga jual getah dan pohon gaharu membuat para petani mulai tertarik mengembangkan dan membudidayakan pohon gaharu,” kata Dahlan yang juga staf pengajar biologi F-MIPA Unsyiah.

Harga jual getah gaharu berkisar antara Rp 5 juta hingga 20 juta per kilogram, tergantung jenis dan kualitas. Untuk yang berkualitas rendah dan bewarna kuning berkisar antara Rp 5 juta sampai Rp 6 juta per kilogram, sedangkan gaharu hitam mencapai Rp 15 juta sampai Rp 40 juta per kilogram.

“Bahkan untuk kualitas terbaik bisa mencapai ratusan juta. Sedangkan yang kualitasnya paling jelek berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 250.000,” sebut Dahlan.

Dijelaskan, gaharu adalah sejenis kayu hutan dengan berbagai bentuk dan warna yang khas serta memiliki kandungan kadar damar wangi yang berasal dari pohon atau bagian pohon. Getah yang dihasilkan sangat tergantung pada lamanya masa tanam dan panen. Namun untuk rata-rata penanaman 9 atau 10 tahun, setiap batang pohon mampu menghasilkan dua kilogram getah gaharu.(awi)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar