Rabu, 04 Mei 2011

Aceh Panen Raya, Harga Gabah Merosot

Thu, Mar 24th 2011, 07:58


Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Aceh Timur, Ir Marwi Umar (kanan) bersama unsur muspika dan anggota DPRK, ketika melakukan panen perdana padi hibrida verietas DG I, di Desa Paya Unoe Kecamatan Ranto Peureulak, Rabu (23/3). SERAMBI/NASRUDDIN

BANDA ACEH - Harga gabah kering panen (GKP) pada tingkat pedagang penampung di Aceh merosot cukup tajam menyusul meningkatnya pasokan selama musim panen raya ini. Gabah yang sebelumnya dijual di kisaran Rp 5.000 turun menjadi Rp 3.200 sampai Rp 3.300 per kilogram, atau turun sebesar 36 persen.

“Harga gabah sepekan terakhir berangsur turun dibanding sebelum panen raya,” kata pedagang penampung di Aceh Besar, Darwin. Ia mengatakan, harga komoditas tersebut akan turun apabila harga beras juga mengalami penurunan di pasaran, akibat meningkatnya pasokan saat musim panen raya. Di samping itu, penurunan harga itu juga dipengaruhi oleh penurunan harga di pasaran Sumatera Utara.

“Kami perkirakan harga gabah akan turun lagi sekitar Rp 100 hingga Rp 200 per kilogram. Harga beras sebelumnya mencapai Rp 6.000 per kilogram kini menjadi Rp 5.600,” sebutnya.

Pihaknya akan berupaya menampung pasokan gabah milik petani sejumlah kawasan yang memasuki panen raya komoditas pangan tersebut, sesuai dengan harga di pasaran. Adapun sejumlah daerah yang memasuki panen raya itu di antaranya Aceh Besar, Pidie dan Aceh Utara.(ant)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar