Senin, 08 Agustus 2011

Warga pesisir barat Aceh keluhkan asap

MONDAY, 11 JULY 2011 06:36

BANDA ACEH - Sejumlah warga yang berdomisili di pesisir pantai barat provinsi Aceh mengeluhkan kabut asap yang diduga akibat pembakaran lahan.

"Kabut asap yang berasal dari pembakaran lahan itu tidak hanya mengganggu jarak pandang tapi juga mengakibatkan nafas sesak dan mata menjadi perih," kata Harmaini (45) warga Suka Makmur Kabupaten Nagan Raya, tadi malam.

Asap yang berasal dari pembakaran lahan itu sudah ada sejak beberapa hari terahkir, namun belum ada tanda-tanda akan dilakukan penanganan.

"Kami berharap Pemerintah untuk mengeluarkan larangan agar warga tidak membakar lahan, mungkin ada cara yang lebih baik untuk menangani sampah pertanian itu," kata Harmaini.

Menurutnya, kabut asap itu tidak hanya mengganggu warga yang berdomisili di Kecamatan Suka Makmur namun masyarakat di Seunagan, Seunagan Timur dan beberapa kawasan di Kabupaten Aceh Barat juga mengeluh.

Iskandar (28) warga, Meulaboh Kabupaten Aceh Barat juga mengatakan, kabut asap yang terjadi sejak satu minggu lalu dikhawatirkan akan mengakibatkan warga menderita infeksi saluran pernapasan (ISPA).

Gangguan kabut Asap juga terjadi di perbatasan Aceh Barat dengan Kabupaten Aceh Jaya. Ratusan hektare lahan pertanian di kawasan Teunon Kabupaten Aceh Jaya itu dibersihkan oleh pemiliknya dengan cara membakar.

Sumber Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar