Senin, 14 Februari 2011

2016, 41.200 Ha kebun selesai dibangun

Sunday, 16 January 2011 18:11

ACEH UTARA - Manajemen PT Perkebunan Nusantara (PTPN I) menargetkan pada tahun 2016 mendatang, pembangunan areal kebun seluas 41.200 hektar yang bermitra dengan masyarakat petani di Provinsi Aceh dan pihak Perbankan akan selesai.

"Kami optimistis target pembangunan areal kebun kelapa sawit dan karet yang bermitra dengan masyarakat melalui program “Peumakmu Gampong” di Aceh tercapai pada 2016," kata Direktur Utama PTPN-I, Erwin Nasution, tadi sore.

Luas pembangunan areal kebun rakyat melalui program "Peumakmu Gampong" itu mencapai 41.200 hektar, tersebar hampir di seluruh kabupaten di provinsi tersebut.

Pelaksanaan revitalisasi perkebunan di Aceh melalui program "Peumakmu Gampong", dengan pemanfaatan fasilitas Kredit Pengembangan Energi Nabati dan Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP) dari Perbankan

Dari total luas areal perkebunan rakyat tersebut, masing-masing untuk komoditas kelapa sawit seluas 28.200 hektar dan karet 13.000 hektar. Program tersebut akan melibatkan antara 13.500-20.000 Kepala Keluarga (KK) selaku petani peserta.

"Kaum dhuafa, dan korban konflik akan menjadi kriteria yang akan dilibatkan dalam program ini. Kedepan akan dibangun kebun kerjasama dengan koperasi pondok pesantren yang ada di Aceh," katanya menjelaskan.

Erwin berharap, dengan adanya kerja sama maka kedepan akan terjadi transformasi teknologi kepada masyarakat petani, sehingga petani yang selama ini melakukan usaha perkebunan secara tradisional akan termotivasi untuk menerapkan praktek budidaya maju.

"Kami juga optimistis bahwa sinergis antara PTPN I dengan PTPN III, PTPN I dan PTPN IV dapat menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan juga memberikan kemaslahatan seluas-luasnya untuk masyarakat di lingkungan perusahaan," katanya.

sumber : Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar